SMK NEGERI 4 TANGERANG

Kelengkapan   administrasi  PPDB  yang harus  dipenuhi oleh  calon  peserta didik SMK Negeri 4 Tangerang  berupa:

  1. Ijazah SMP/ sederajat   atau  surat   keterangan  yang  berpenghargaan  sama dengan ij azah SMP/ ijazah  Program Paket  B / Ij azah satuan  pendidikan luar negeri yang dinilai/ dihargai sama/ setingkat dengan SMP;
  2. Nilai rapor SMP  atau sederajat  5 (lima)  semester terakhir;
  3. Sertifikat/piagam/surat keterangan prestasi/penghargaan akademik/non akademik bagi yang memiliki, diutamakan adalah prestasi yang berjenjang, diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kementerian Agama.
  4. Akta kelahiran  dengan batas  usia paling tinggi 21  (dua  puluh satu)  tahun pada awal Tahun  Pelajaran baru 2020/2021,  dan belum menikah;
  5. Kartu Keluarga  atau  Surat   Keterangan   domisili  dari  RT/RW   diketahui kelurahan;
  6. Pas photo berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar.

Persyaratan khusus :

  1. Sehat jasmani dan rohani serta tidak memiliki cacat fisik  yang  mengganggu  kegiatan  pendidikan, khususnya kegiatan praktek, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter.
  2. Tinggi badan minimal untuk laki-laki = 155 cm, untuk perempuan = 147 cm.
  3. Tidak buta warna, Tidak bertato dan tidak bertindik. Point 7) a, b, dan c dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan dari dokter Puskesmas atau Instansi Kesehatan Pemerintah.
  4. Tidak berpenyakit  Epilepsi  (Ayan).  Apabila  kelak  setelah  diterima  menjadi  pelajar  SMKN 4  Kota Tangerang ternyata menderita Epilepsi maka  bersedia  segera  mengundurkan  diri  statusnya  sebagai  pelajar SMKN 4 Kota Tangerang.
  5. Calon lulusan tahun pelajaran 2018/2019 yang mendaftar melengkapi surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepolisian.
  6. Surat Pernyataan orangtua yang bermaterai dan terikat secara hukum tentang pertanggungjawaban kebenaran semua data dan dokumen (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak).

Hasil Seleksi penerimaan peserta Didik Baru ditetapkan oleh sekolah (SMK Negeri 4 tangerang)  atas dasar hasil seleksi sistem aplikasi PPDB tingkat Provinsi Banten. Seleksi calon peserta didik baru SMKN 4 dengan mempertimbangkan:

    1. Nilai rapor semester 1 sampai dengan semester 5 SMP / MTs sederajat;
    2. Hasil tes bakat dan minat (Tes Khusus);
    3. Hasil perlombaan dan/atau penghargaan dibidang akademik maupun nonakademik sesuai dengan bakat dan minat pada tingkat internasional, tingkat nasional, tingkat provinsi, dan / atau tingkat kabupaten / kota. Poin 3 khusus bagi siswa yang memiliki prestasi;
    4. Dalam hal nilai akademik dari sekolah asal, hasil tes khusus, perlombaan / penghargaan sama, sekolah memprioritaskan calon peserta didik yang berdomisili pada wilayah kabupaten / kota yang sama dengan SMKN 4 Kota Tangerang;
    5. Jika dalam hal domisili pada poin 4 masih sama, maka sekolah memprioritaskan calon peserta didik yang usianya lebih tua.
  1. SMK Negeri 4 Tangerang melaksanakan seleksi berdasarkan nilai rapor semester 1 sampai dengan semester 5 (Matematka, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris), tes bakat dan minat/tes khusus, dan prestasi;
  2. Pembobotan skor adalah sebagai berikut :
    1. 60 % Nilai rata – rata rapor
    2. 40% Nilai Tes khusus
  3. Penetapan hasil seleksi PPDB dilaksanakan secara mandiri melalui rapat dewan guru yang dipimpin oleh kepala SMK Negeri 4 tangerang.
  4. Verifikasi dan rekonsiliasi data hasil rapat satuan pendidikan dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten.
  5. Calon peserta didik yang diterima, ditetapkan melalui keputusan kepala SMK Negeri 4 Tangerang.
  6. Penetapan hasil seleksi peserta didik yang diterima, diinformasikan secara daring melalui web SMK Negeri 4 Tangerang : http://ppdb.smkn4-tng.sch.id/.
  7. Pengumuman penetapan hasil seleksi SMK Negeri 4 Tangerang dilaksanakan secara terbuka memuat tentang : nomor pendaftaran, nama peserta didik yang diterima, asal satuan pendidikan, program/jurusan dan peringkat hasil seleksi pada SMK Negeri 4 Tangerang.
  1. Peserta didik yang telah diterima pada SMK Negeri 4 Tangerang wajib melakukan daftar ulang dengan protokol kesehatan sesuai masa darurat Covid   19 yang ditetapkan  oleh Pemerintah Daerah;
  2. Jika sampai batas  waktu yang telah ditetapkan  calon peserta  didik yang telah diterima tidak mendaftar ulang (daftar ulang 1 Juli sd 10 Juli 2020) maka dianggap mengundurkan diri;
  3. Persyaratan daftar ulang bagi calon peserta didik yang dinyatakan diterima adalah sebagai berikut:
    1. Menunjukkan dokumen asli yang telah diupload pada saat pendaftaran secara online;
    2. Kartu pendaftaran asli;
    3. Menunjukkan bukti tanda diterima;  dan
    4. Dokumen asli lainnya yang   ditentukan   oleh   satuan    pendidikan   yang bersangkutan (Ijazah, Rapor Asli, Surat Keterangan Lulus, Sertifikat/Piagam bagi yang memiliki, KK, Akte Lahir, Surat Keterangan Dokter, Pakta Pertangungjawaban Mutlak);
  4. Apabila pada waktu pendaftaran ulang masih berada pada masa covid-19 maka penyerahan dokumen dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19.